ATHEIS ACHDIAT PDF

Set in Indonesia before and during the Japanese occupation, Atheis tells the story of Hasan, a pious Muslim who loses his faith after falling in love and becoming. Trove: Find and get Australian resources. Books, images, historic newspapers, maps, archives and more. Atheis [Achdiat K. Mihardja] on *FREE* shipping on qualifying offers.

Author: Yozshukazahn Nakree
Country: India
Language: English (Spanish)
Genre: Travel
Published (Last): 13 July 2006
Pages: 497
PDF File Size: 1.31 Mb
ePub File Size: 2.37 Mb
ISBN: 953-5-37137-618-4
Downloads: 94258
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Shakarg

Dia jugalah yang menyusun Polemik Kebudayaan yang memuat berbagai pendapat para bapak pendiri bangsa kita seperti Dr. Menurut ahli sastra Indonesia asal Belanda A. In Bandung, Hasan works for the Japanese occupation government and lives an ascetic lifestyle, often fasting athris days on end and dunking himself into a river to refresh his body between evening and morning prayers.

Mihardja’s Novel Atheis “. Kalimat bapak saya tersebut benar-benar saya rasakan ketika membaca buku ini. Please try again later. Cancel Forgot your password? He immediately divorces her and moves out, but soon contracts tuberculosis. Tema kisah yang diangkat cukup berani, membuat roman ini berbeda dari roma Lagi-lagi, roman yang buat saya tertarik, yang saya dapat juga di perpustakaan sekolah.

Jangan memahami sesuatu hal secara setengah-setengah. Hasan merasa bahwa di belakangnya, istrinya tersebut berselingkuh dengan Anwar. Entah mana yang betul, tapi yang saya baca lebih terasa masuk akal. Hasan, born to a religious Naqshbandi family in Panyeredan, is a student who lives with his family and adopted sister, Fatimah.

Bagai kiamat besar yang datang, orangtua Hasan mengusinya keluar dari kampung dan tidak menganggap lagi Hasan sebagai anak mereka. Mengisahkan tentang Hasan yang merupakan anak dari keluarga yang taat beragama, yang jatuh cinta dengan Kartini yang merupakan atheis lewat perjumpaannya dengan sahabat lamanya.

Disini, aku setuju achciat penulis, bahwa setiap kepercayaan itu sah-sah saja, tidak akan destruktif tanpa arah, asal si believer terus memperbaiki pemahamannya dan mencari titik keseimbangan supaya ia dapat berfungsi sebagai manusia semestinya. The name field is required. Hasan pun berubah, Tuhan tidak lagi bersemayam dalam imannya. Pesan schdiat untuk diri sendiri, pertamanya, buku ini mesti dibaca sampai tamat, jika berhenti dipertengahan, bimbang terpesong.

  HAASER LASALLE SULLIVAN PDF

Imprint unknown April Language: Di sini, berkisah sosok alim bernama Hasan yang terjerumus dalam pemikiran-pemikiran kaum sosialis yang “atheis”, kedua temannya, Rusli dan Kartini.

Novels in Indonesian, Jangan takut baca, gak akan jadi Atheis kok. Meanwhile, the anarchistic Anwar finds himself without a place in the modern world. Share your thoughts with achdizt customers. Awalnya ia merasa cemburu dan mengganggap pergaulan antara Rusli dan Kartini bukan hubungan antara kakak dan adik, melainkan lebih. Dahler, orang Belanda yang pernah menjadi guru Achdiat di AMS, yang menaruh simpati kepada perjuangan acdhiat Indonesia. Pada saat itu, secara garis besar, citizen Indonesia terdiri dari: Ia ingin bersujud di kaki ayahnya yang ternyata tengah sakit parah.

A great knowledge opened a new for me to another culture. Cara penulis menceritakan penjajahan pemikiran asing terhadap minda Hasan cukup halus sekali.

Atheis – Wikipedia

Iya betul, tahu nanti Atheia akan mati, tapi matinya sebab apa? Itu semua bisa kita lihat dalam sosok Hasan, yang awalnya berasal dari keluarga Sunda yang agamis, menjadi sosok manusia modern abad ke dan memilih menjadi seorang atheis.

Good articles Pages to import images to Wikidata Articles containing potentially dated statements from All articles containing potentially dated statements CS1 Indonesian-language sources id CS1 French-language sources fr. Nov 07, Toby rated it it was amazing. Reviews User-contributed reviews Add a review and share your thoughts with other readers.

Lama-lama jatuh hati lah dia kepada Kartini. Meski seolah ini adalah kisah yang menjadikan ide atheis sebagai garis utama, namun saya memandangnya sebagai kisah cinta Hasan dan Kartini yang dibalut teori teori.

Antara ” eh itu kan s Baca buku ini pas SD klo nggak salah, nemu diantara tumpukan buku2 bapak.

Terasa macam ceritanya masih tergantung. When told that they had seen a ghost, Anwar enters the cemetery with Hasan to disprove its existence.

Roman Atheis Achdiat K. Mihardja : satu pembitjaraan / oleh Boen S. Oemarjati – Details – Trove

Dilatarbelakangi Indonesia pada masa kolonial, faktor sosial, pergeseran budaya, dan masuknya pemahaman barat yang tidak diimbangi dengan ketahanan pengetahuan akan ideologi bangsa sendiri terefleksikan pada tokoh-tokohnya; Rusli yang ideologinya cenderung berkiblat pada para filsuf, Kartini yang menentang budaya patriarki, dan Anwar yang menuhankan diri sendiri.

  MAGENTO FOOMAN PDF

You already recently rated this item. Setelah lebih separuh buku ini ditelaah dengan nafas turun naik, saya jadi bina harapan yang tinggi untuk ketahui apa sebenarnya pengakhiran untuk konflik dalam diri Hasan. Cinta kepada seseoran Pesan saya untuk diri sendiri, pertamanya, buku ini mesti dibaca sampai tamat, jika berhenti dipertengahan, bimbang terpesong. Tokoh bernama Hasan nampaknya sengaja dibuat agar berkarakter “mudah” dan gamang. Don’t have an account?

Malah semua agama di dunia pun tidak ada yang tidak mengajarkan untuk mengasihi dan menyayangi sesama makhluk. Untuk bertemu dengan kedua orang tuanya dan meminta maaf atas apa yang telah ia perbuat. Seolah ingin menegaskan bahwa tidak semua penganut paham tersebut menjadi seorang ‘sukses’ seperti Rusli. Sebab nanti hasilnya akan seperti Hasan, yang memahami hal secara separo-separo, baik ketika menjadi muslim dan atheis.

Mihardja later wrote that he intended the novel to deal with the question of the existence of God.

Follow the Author

Rukmini yang bersekolah di sekolah menengah kristen, Hasan yang mengenakan jas dan sempat bekerja di kantor milik Belanda. Daripada dibilang menjelaskan satu-satu ideologi Marxis-Lennis, Anarkis, Islam ketiganya saya kutip dari wikipediadan pertentangan ketiganya atau keduanyanovel ini lebih kepada arah menjelaskan beberapa potret kondisi sosial masyarakat Indonesia pada masa-masa terakhir Pertama kali tahu buku ini, saya pikir novel ini akan menjelaskan “kesalahan-kesalahan” pemahaman atheis; saya men- judge -nya dari judulnya.

Tapi kesan tersebut hanya bertahan hingga pertengahan buku. Ia tidak pernah mempertanyakan dan menggali dari berbagai sumber, melainkan hanya menelan bulat-bulat dogma itu.